Selasa, 05 Agustus 2008

Polres Madiun Bongkar Jaringan Pengedar Uang Palsu

Polres Madiun Bongkar Jaringan Pengedar Uang Palsu24 July 2008, 05:16 pm No Comments
MADIUN–MI:Jajaran Satuan Reskrim Kepolisian Resor (Polres) Madiun membongkar jaringan pembuat dan pengedar uang palsu.
Kepala Polres (Kapolres) Madiun Ajun Komisaris Besar Andhi Hartoyo di kantornya, Kamis (24/7), mengatakan jaringan pembuat dan pengedar uang palsu tersebut berhasil dibongkar polisi pada Rabu (23/7) dengan menangkap sejumlah tersangka.
Kasus itu terbongkar dari laporan Juwariah, 38, warga RT 12/RW 2 Desa Sendangrejo, Kecamatan/Kabupaten Madiun kepada petugas yang sedang patroli melewati kiosnya, kata Andhi.
Ia menyatakan, Juwariah, penjual berbagai kebutuhan pokok kepada petugas memberikan beberapa lembar uang
palsu (upal). Menurut pengakuan Juwariah, uang palsu itu diduga berasal dari Subakir, 44, penduduk Desa Betek, Kecamatan/Kabupaten Madiun.
Atas informasi itu, ujar Andhi, petugas segera menyelidiki keberadaan Subakir. Setelah diselidiki, pada Rabu sekitar pukul 10.00 Subakir ditangkap di rumahnya dengan barang bukti sejumlah uang palsu pecahan Rp20 ribu.
Tersangka mengakui uang palsu itu diperoleh dari seorang kenalan dengan imbalan 1;4 hingga 5. Yaitu, setiap satu lembar uang asli ditukar dengan empat sampai lima lembar uang palsu pecahan sama.
Dari hasil penyidikan lebih dalam, uang palsu berasal dari Mujakir, warga
Desa Tegalarum, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan. Oleh karena itu, petugas juga menangkap Mujakir, disusul dengan penangkapan tersangka lain yaitu Heri Suhendro, warga Perumahan Griya Salak Blok D Jalan Salak, Kota Madiun, dan Rohib, penduduk Desa Ngelang, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan.
Menurut pengakuan para tersangka, uang palsu itu dibuat oleh Abdulrahman, 52, warga Desa Sukolilo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Saat menangkap para tersangka, petugas juga menyita barang bukti berupa seperangkat komputer, printer warna, kertas, uang palsu yang masih dalam proses cetak, dan sepeda motor. (AG/OL-01) Email This Post There is No Responses to “ Polres Madiun Bongkar Jaringan Pengedar Uang Palsu ”

Tidak ada komentar: